Muhammadiyah

Muhammadiyah

Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Rektor dan Wakil Rektor UAD, Pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah

YOGYA – Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T., pada 9 Juli 2023 lalu telah dikukuhkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Drs. H.M. Afnan Hadikusumo, P.Ua. sebagai Pendekar Madya Kehormatan Tapak Suci.

Dengan membacakan janji dan pemberian rompi serta ikat pinggang Tapak Suci secara resmi Rektor UAD mendapat gelar Pendekar Kehormatan.

Bersamaan itu Drs. Hizbullah Rahman, B.Sc sebagai Pendekar Besar Tapak Suci juga melantik Pendekar Muda Tapak Suci bagi Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD.

Dalam Surat Keputusan Pimpinan Pusat Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Nomor: A-049/SK-PKH/PPTS/06/2023 disebutkan tentang pengukuhan Dr. Muchlas, M.T. sebagai Pendekar Madya Kehormatan.

Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T., diberikan wewenang dan hak untuk memakai semua atribut pendekar kehormatan. “Tentunya, dengan melaksanakan segala fungsi pendekar dan menjaga nama besar seni beladiri Tapak Suci ke depannya,” kata Afnan Hadikusumo.

Muchlas berjanji, sebagai Pendekar Kehormatan Tapak Suci akan senantiasa memegang teguh kepercayaan dan kehormatan yang telah diterima.

Selain itu akan menegakkan identitas Tapak Suci sebagai Perguruan Seni Beladiri Indonesia dengan berlandaskan Islam dan berpegang teguh pada Al-Qur’an. “Bersama-sama menjaga nama baik perguruan,” tandasnya.

Ke depannya, Muchlas akan berusaha untuk menjadi teladan bagi para pendekar. “Dengan iman dan akhlak, saya menjadi kuat,” ungkap Muchlas, Ahad (10/9/2023).

Selain itu, berdasarkan Surat Pimpinan Wilayah II Tapak Suci Jawa Timur Nomor: D-37/PIMWIL II/06/2023 tanggal 16 Juni 2023 perihal Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Pendekar Alumni atas nama Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., yang menjabat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD, dilantik sebagai Pendekar Muda yang diuji langsung oleh Rony Syaefullah.

Dengan membacakan janji dan pemberian rompi serta ikat pinggang Tapak Suci secara resmi Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD mendapat gelar Pendekar Muda Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

“Semoga menjadi pendekar yang amanah dan dapat berkontribusi dengan nyata bagi Indonesia melalui olahraga seni beladiri Muhammadiyah,” kata Rony Syaefullah.

Kini, Tapak Suci makin mengharumkan nama Indonesia. Belum lama ini dari Muhammadiyah berhasil memperoleh medali pada Sea Games Kamboja 2023. Sebelumnya, juga memperoleh medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). (*)

 

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here