Muhammadiyah

Muhammadiyah

Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

MONACO 2023 Resmi Ditutup, Inilah Para Juaranya!

YOGYA – Gelaran nasional bertajuk MONACO (Moehi National Competition) ke-8 tahun 2023 yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) resmi ditutup, hari Ahad (24 Shafar 1445 H bertepatan 10 September 2023). Event tahunan yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini diikuti 1.645 siswa SMP/SMA sederajat seluruh Indonesia dengan mempertandingkan 17 cabang lomba.

Penutupan MONACO 2023 ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Dr. Kasiyarno M.Hum., Wakil Ketua PWM D.I. Yogyakarta H. Gita Danu Pranata, S.E., M.M. beserta Sekretaris PWM D.I. Yogyakarta Arif Jamali Muis, S.Pd,. M.Pd. Rangkaian penutupan ini dimulai dengan penampilan band SMA Muhi pada pukul 15.30 WIB di Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Adapun, pada tahun ini, MONACO mengangkat tema bertema “An Adventure Beyond the Horizon.”

Dalam kompetisi selama 2 hari tersebut MTs Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul memboyong piala Kemendibudristek. Pondok Modern Sabiilurrosyad Muhammadiyah berhasil memboyong piala dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga diraih SMP MBS Zam Zam Cilongok.

Salah satu pemenang, Khansa Tabita Putri yang menjadi juara pertama lomba Tapak Suci, merasa sangat senang dan bersyukur dapat menjadi bagian dari peserta MONACO. Sehingga ia mendapat teman baru, pengalaman, serta motivasi untuk berkompetisi lebih baik.

MONACO 2023 ini secara resmi ditutup oleh Kasiyarno, yang memberikan apresiasi yang tinggi kepada Muhi karena berhasil menyelenggarakan kegiatan ini. MONACO SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah menjadi event nasional dan telah berlangsung selama 8 tahun berturut-turut dengan peserta dari seluruh Indonesia.

“Ini adalah event yang unik, kreatif, bermutu, dan inovatif, bisa menjadi ajang ta’aruf dan silaturahmi pelajar. MONACO juga bisa meningkatkan mutu life skill yang sangat bermanfaat saat generasi muda terjun di masyarakat nantinya,” katanya.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., menjelaskan bahwa Kompetisi MONACO 2023 yang sangat ketat ini akan sangat bermanfaat untuk seorang pelajar. Mengutip pernyataan Craig Dike, ahli psikolog klinis di Doctor on Demand San Francisco USA, kompetisi dapat mendorong segala spesies untuk bisa bertahan hidup. Kondisi ini mampu mendorong evolusi secara biologis dan psikologis.

Untuk itu, kompetisi sangat diperlukan di dalam hidup agar terus maju ke depan menciptakan berbagai inovasi menakjubkan. Kompetisi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan produktivitas dalam belajar. “Terakhir, kompetisi juga melatih kita untuk memiliki jiwa sportivitas dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi,” paparnya.

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai barometer sekolah Muhammadiyah di Indonesia terus berinovasi dalam layanan jasa pendidikan. Saat ini, Muhi memiliki program unggulan pembelajaran Bahasa Inggris bersama Teachcast With Oxford US.

“(Kami) juga bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program Global Assessment Certificate (GAC). Prestasi SMA Muhi terbaru adalah 195 lulusan SMA Muhi lolos PTN 2023, satu peserta didik mendapatkan medali perak OSN Matematika 2023 tingkat nasional, dan 15 guru lolos menjadi calon guru penggerak 2023,” imbuhnya.

Berita ini diterima mediamu.com dari Yusron Ardi Darmawan, M.Pd (SMA Muhi Yogyakarta)
Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here