Muhammadiyah

Muhammadiyah

Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Diikuti Ribuan Pelajar, MONACO 2023 SMA Muhi Resmi Dibuka Menteri PUPR

YOGYA – Gelaran nasional bertajuk MONACO (Moehi National Competition) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali digelar dan dibuka secara resmi pada Sabtu (23 Shafar 1445 H bertepatan 9 September 2023) di Grha As-Sakinah. MONACO merupakan acara tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhi dan tahun ini memasuki edisi ke-8 dengan diikuti oleh 1645 pelajar SMP/SMA sederajat dari seluruh Indonesia,serta dibuka Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat RI yang diwakilkan oleh Dr. Ir. H. Khalawi. AH, MSC. MM, IPU selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR RI.

 

Tema MONACO tahun 2023 ini adalah “An Adventure Beyond the Horizon” dengan mempertandingkan 17 cabang lomba, antara lain: Olimpiade Matematika, Olimpiade IPS, Olimpiade IPA, Cipta Puisi, Debat Bahasa Indonesia, Story Telling, Speech, Fotografi, MLBB, Basket, Lomba Lintas Alam, Band Competition, Tapak Suci, Dai Muda, Musabaqoh Hifdzil Quran, Musabaqah Tilawatil Quran, dan Cerdas Cermat Agama Islam. Lomba ini memperebutkan piala Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

 

Drs. H. Herynugroho, M.Pd, selaku Kepala SMA Muhi menjelaskan acara ini merupakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat se-Indonesia. Diharapkan MONACO 2023 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa. Agar Indonesia dapat bersaing maksimal dari revolusi industri, ketersediaan sumber daya manusia yang melimpah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan.

 

Beliau menyampaikan bahwa Pelajar di era 4.0 harus memiliki tiga komponen keterampilan utuh agar bisa menjadi generasi yang unggul dan menjadi pemenang dalam kompetisi global. Tiga komponen keterampilan utuh yang dimaksud adalah pendidikan karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. “Insya Allah dengan kalian mengikuti MONACO ini dengan sungguh-sungguh, kalian akan memperoleh tiga komponen keterampilan utuh itu sekaligus,” tuturnya.

 

Kemudian, Khalawi. AH. yang dalam sambutannya selain menyampaikan salam dari Menteri PUPR RI yang berhalangan hadir membuka MONACO 2023, juga menyatakan bahwa pelajar Indonesia harus terus semangat untuk berkarya dan berprestasi. “Transformasi adalah sebuah keniscayaan, oleh karena itu generasi muda Indonesia harus mampu beradaptasi dan terus berkompetisi agar tidak kehilangan jati diri. MONACO 2023 adalah sebuah wujud optimisme dan eksistensi diri dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta,” tuturnya.

 

Semoga dengan semangat MONACO kita dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul. Jadilah pelajar yang pintar dan benar agar bisa bermanfaat untuk bangsa dan umat,” tegas Khalawi, AH.

 

Pada kesempatan ini Khalawi. AH. memaparkan jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

 

“Ada 3 peran penting bidang kerja Kementerian PUPR yang harus dioptimalkan, jika dikaitkan dengan program pembangunan nasional yakni pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas lingkungan. Ketiga peran ini tentu saja bertujuan menstimulir kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Harapan kami seluruh peserta MONACO 2023 nantinya menjadi orang sukses dan bisa melanjutkan pembangunan Indonesia” pungkasnya.

 

Pembukaan MONACO ini berlangsung meriah dengan penampilan siswa berupa hiburan Band, Tarian Ratoeh Pukat, musikalisasi puisi dan berbagai pertunjukan lainnya. Setelah pembukaan, para peserta mengikuti seluruh kegiatan lomba yang diselenggarakan secara luring di SMA Muhi Yogyakarta selama 2 hari. Nantinya, partai final perlombaan akan dilaksanakan pada Ahad (24 Shafar 1445 H bertepatan 10 September 2023) sekaligus menutup rangkaian agenda MONACO ke-8 pada pukul 16.00 WIB.

 

 

Berita ini diterima mediamu.com dari Yusron Ardi Darmawan M,Pd (SMA Muhi Yogyakarta)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here